Studi Kasus – Apakah ASI Akan Berhenti Bila Hanya Dipompa Saja?

Studi Kasus – Apakah ASI Akan Berhenti Bila Hanya Dipompa Saja?

Kemarin saya sempat berkunjung ke situs kesehatan, Ada satu pertanyaan menarik yang bisa jadi sering juga bunda tanyakan.

Terutama bagi para ibu yang tak sempat menyusui anaknya atau anaknya yang sudah tidak mau disusui langsung,

Pertanyaanya seperti ini:

Saya seorang ibu usia 27 tahun, anak saya usia 4 bulan. Anak saya selama ini ASI eksklusif. Pertanyaan saya, apa ASI akan berhenti berproduksi apabila hanya dipompa tanpa disusukan langsung ke anak saya ya? Mohon penjelasannya. Terimakasih “

Inilah jawabab sang dokter:

Tentu saja tidak bu, bahkan bila anda memompa secara teratur atau setiap kali ASI menetes, efeknya sama saja dengan perangsangan oleh isapan bayi, jadi akan terus diproduksi. Jadi tenang saja bu.”

Pada prinsipnya ASI itu memang diproduksi berdasarkan Supply and Demand

Artinya ASI diproduksi sesuai permintaan.

Misalnya bayi menyusu dengan kuat sehingga payudara cepat kosong maka akan terkirim sinyal bahwa permintaan ASI meningkat sehingga produksi ASI pun akan ditingkatkan.

Begitu juga sebaliknya, kalau payudara selalu penuh karena bayi tidak menyusu (misalnya saat ibu bekerja), maka akan terkirim sinyal bahwa permintaan ASI turun sehingga produksinya pun diturunkan.

Itulah sebabnya sangat penting untuk disiplin mengosongkan payudara setiap 2 atau 3 jam sekali agar produksi ASI tidak turun.

Apabila bayi tidak menyusu, kosongkan dengan cara diperah baik secara manual maupun dengan pompa ASI.

Semakin sering payudara kosong maka ASI akan lebih cepat diproduksi juga.

Namun kenyataanya tidak semudah itu karena hal ini tidaklah instan.

Jadi misalnya ibu merasa produksi ASI berkurang segeralah perah sesering mungkin.

Pada hari itu mungkin ASI belum banyak tapi jika dilakukan secara konsisten pada hari kedua atau ketiga biasanya produksi ASI bertahap akan meningkat.

Jangan takut ASI tidak keluar, karena tujuan kita adalah memberi stimulasipada payudara bahwa kita butuh ASI banyak nih.. supaya terkirim sinyan untuk segera memproduksi kembali.

Sedangkan untuk membantu supaya hasil pompa jadi lebih banyak bunda bisa minum teh pelancar asi Mama ASIX.

Peran teh Mama ASIX disini adalah membantu supaya proses produksi ASI menjadi lebih cepat dan lebih banyak karena kandungn (komposisi) didalamnya yang mampu mempengaruhi kondisi hormon prolaktin (hormon yg memproduksi asi) untuk lebih banyak dan cepat dalam memproduksi asi.

Informasi lengkap teh Mama Asix silahkan klik disini

Semoga bermanfaat dan bunda bisa lancar terus menyusui sampai si kecil berusia dua tahun. Aamiin

 

photo credit: madreshoy.com